Rabu, 22 Maret 2017

Perkembangan alam pikiran manusia


Manusia memiliki rasa ingin tahu, yang membuat perkembangan alam pikiran mereka menjadi berkembang berkat rasa ingin tahu tersebut, orang yang memiliki pengetahuan yang besar juga pasti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berasal dari rasa ingin tahu tersebut lah ia menjadi orang yang berpengetahuan yang luas.Cara orang dewasa mencari pengetahuan umumnya sangat dipengaruhi oleh pengembangan pengetahuan pada masa ana-anak

  1. Masa bayi (0-2 tahun), periode sensorimotorik. Pada periode ini perkembangan kecerdasan bayi sangat cepat
  2. Masa kanak-kanak (3-5 tahun), periode praoperasional dorongan keingintahuannya sangat besar. Sehingga banyak yang menyebutkan masa ini sebagai masa bertanya.
  3. Masa usia sekolah (6-12 tahun), periode operasional nyata, anak sangat aktif, ditandai dengan perkembangan fisik dan motorik yang baik. Merupakan "masa tenang", karena proses perkembangan emosional si anak telah mendapatkan kepuasan maksimal sesuai dengan kemampuan
  4. Masa remaja (12-20 tahun), periode operasional formal, merupakan masa pertentangan (konflik), baik dengan dirinya sendiri maupun dengan orang dewasa.
  5. Masa dewasa (>20 tahun), kemampuan individuuntuk berdiri sendiri, kemampuan individu untuk sendiri dan bertanggung jawab.
Lalu bagaimana manusia memuaskan diri dari rasa ingin tahunya?. Beberapa mungkin akan bertanya dengan orang lain, sebagian lagi akan mencari jawabannya sendiri, dan mungkin menjawab rasa ingin tahunya dengan 'dugaan' atau 'hayalan' belaka hanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Rasa ingin tahu membuat alam pikiran dan penalaran manusia berkembang. Karna dari rasa ingin tahu itu lah, semua pengetahuan berasal. Contohnya ilmu pengetahuan alam, berasal dari rasa ingin tahu seseorang yang sedang duduk di bawah pohon kemudian melihat sebuah apel jatuh, yang kemudian muncul ilmu tentang gravitasi. 




0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More